Selasa, 15 Oktober 2013

INDAHNYA BERISLAM SECARA KAFFAH

INDAHNYA BERISLAM SECARA KAFFAH

“ Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah. Bahwasannya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Al-baqarah [2 ] : 209).
Islam merupakan nikmat Allah yang sangat besar yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Islam menciptakan tatanan masyarakat yang saling mencintai, bersatu padu, bersolidaritas, dan harmoni. Inilah masyarakat yang diikat oleh satu tali saja yaitu Tali Aqidah yang melebur semua bangsa dan negara, bahasa dan warna kulit, dan segala hubungan sementara yang lain, yang tidak ada hubungannya dengan hakikat insan.
Sangat indah ketika kita dapat berIslam secara kaffah, beramal ma’ruf nahi munkar dengan ikhlas menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sungguh agama Islam adalah agama yang paling mulia, bahkan orang-orang Yahudi dan Nasrani iri sehingga mereka berupaya agar kaum muslimin tidak mengamalkan agama ini atau bahkan mereka berusaha mengeluarkannya dari agama mereka. Allah menjadikan agama Islam sebagai agama yang kokoh dan sempurna dalam masalah aqidah, ibadah, muamalah, akhlaq, politik dan sebagainya.
Maka putus asalah upaya musuh-musuh Islam untuk menghancurkan Islam, menyelewengkan, serta mengurangi ajaran-Nya. Allah berfirman : ” pada hari ini orang- orang kafir telas putus asa untuk agamamu sebab itu janganlah kamu takut kepada- Ku. Pada hari ini telah kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan padamu ni’mat ku dan telah Ku ridhoi Islam itu sebagai agama bagimu”. Sungguh Allah SWT bersaksi atas kesempurnaan agama ini dan menjadikannya sebagi penutup segala risalah, serta Allah mewajibkannya kepada segenap manusia dan jin untuk mengikutinya pada tiap waktu serta pada tiap generasi. Dan Allah tidak akan pernah menerima amalan hamba-Nya yang beragama dengan selain agama Islam serta memasukkannya dalam golongan yang merugi. Allah berfirman :” Barang siapa mencari agama selain agama Islam maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”. [QS. Al Imran : 85]. Allah juga berfirman : “Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam”. [QS. Al Imran 19]
Allah juga menjamin untuk menjaga agama ini dari nafsu orang-orang yang sesat dan dari tangan-tangan musuh Islam yang ingin menghancurkan Islam, Allah juga berjanji kepada pengikut agama ini untuk memuliakannya serta menolong dari tipu daya musuh-musuhnya jika mereka beriman dan mengerjakan amal saleh.
Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk yang benar. Dan sesungguhnya jika kamu mau mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu [QS. Al- baqarah :120]. Oleh karena itu kita sebagai kaum muslimin wajib untuk mensyukuri ni’mat-ni’mat Allah tersebut mengakui serta menjaganya niscaya Allah akan menambah ni;mat-Nya kepada kita, akan tetapi tatkala kita mengingkari ni’mat Allah kepada kita apabila ni’mat yang besar ini Allah akan menggantikannya dengan azab-Nya yang pedih. Allah berfirman : “Dan tatkala Tuhanmu memaklumkan : “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah kepadamu dan jika kamu mengingkari maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.
Kita meminta kepada Allah agar kita diberi kemudahan untuk bersyukur kepada-Nya dengan ni’mat-Nya yang sangat Agung dan juga kita meminta kepada-Nya untuk menjaga agama kita serta kita memohon agar meninggal dalam keadaan tetap memeluk agama Islam. Amin ya Rabbal’alamin
by : *Nur Hafizah
*Penulis adalah Kader IMM koms. Saintek UM yang menempuh pendidikan di Jur. Geografi FIS UM

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.